Nama : Indri Septiyantari
NPM : 53412722
Kelas : 3IA25
PEMAHAMAN
DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Apa itu Desain?
Pada
dasarnya desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu
benda. Desain merupakan langkah awal sebelum memulai membuat suatu benda,
seperti baju, furniture, bangunan, dll. Pada saat pembuatan desain biasanya
mulai memasukkan unsur berbagai pertimbangan, perhitungan, cita rasa, dll.
Sehingga bisa dibilang bahwa sebuah desain merupakan bentuk perumusan dari
berbagai unsur termasuk berbagai macam pertimbangan di dalamnya.
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan
berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata
"desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja.
Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat
dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain"
digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu
berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya, dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses". Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.
Berikut
ini adalah pengertian dan definisi desain:
#
COIRUL AMIN
Desain
adalah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak
#
KEN HURTS
Desain
adalah proses iteratif yang melibatkan banyak aktivitas tinjauan ke belakang
dan pararel
#
DEDI NURHADIAT
Desain
adalah perencanaan untuk mewujudkan suatu gagasan
#
WIDAGDO
Desain
berkaitan dengan nilai-nilai kontekstual yang menyuarakan kebudayaan
#
DUDY WIYANCOKO
Desain
adalah segala hal yang berhubungan dengan pembuatan konsep, analisis data,
project planning, drawing/rendering, cost calculation, prototyping, frame
testing, dan test riding
#
ANDYA PRIMANDA
Desain
adalah upaya untuk menemukan titik tengah dari segala macam masukan yang
seringkali berseberangan
#SOEKARNO
& LANAWATI BASUKI
Desain
adalah pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, seperti busana
#
JANNER SIMARMATA
Desain
adalah bagaimana aplikasi yang dirancang menjadi sesuai dengan kebutuhan
Definisi Desain?
Desain secara
etimologi, istilah Desain berasal "dari tadi" beberapa serapan
bahasa, yaitu kata "designo" (Itali) yang secara gramatikal
berarti gambar dan bermakna:
·
to make
preliminary sketches of
·
to plan and carry
out experiment"
·
to form in the
mind
dan kata "designare"
(Latin) yang ber
·
a plan, scheme, a
project
Prinsip-prinsip Desain
Secara garis
besar, ada tujuh prinsip di dalam dunia desain yaitu :
- Keseimbangan
- Kesatuan
- Perbandingan
- Urutan
- Irama
- Skala
- Fokus
Apa itu Desain Pemodelan Grafik?
pemodelan bisa
dikatakan sebagai suatu cara untuk membentuk,membuat dan mendesain suatu benda
– benda atau objek sehingga terlihat hidup. Kesemuanya ini dikerjakan dengan
computer,dengan cara memperlihatkan benda tersebut secara 3 dimensi atau yang
biasa dikenal sebagai pemodelan (3D modeling). untuk mendapatkan kualitas yang
baik dari model obyek tadi, ada beberapa aspek yang harus kita jadikan
pertimbangkan antara lain motede pembuatan data, tujuan dari model, kemudahan
memanipulasi objek, tingkat kerumitannya, perhitungan biaya dan kesesuaian atau
kenyamanan. langkah – langkah pembuatan pemodelan sendiri terdiri dari Motion
Capture Model 2D, Dasar metode Modeling 3D, Proses Rendering Texturing, Image
dan Display,
Sejarah Desain
Pemodelan Grafik
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922
di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis
oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika. Raffe’s Graphic
Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang
menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya “The signage in the London
Underground” adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan
jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916. Desain grafis
pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan
brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga
diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
• Awal tahun
60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
• 1961 : Edward
Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi
Grafik Komputer
• 1963 :
- Alat untuk
menampilkan Calligraphic (vector)
- Mouse oleh
Douglas Englebert
• 1970 : Pierre
B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
• 1972 :
ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
• 1974 : Ed
Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe
animation and morphing
• 1976 : Jim
Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
• 1977 : Film
terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
• Pertengahan tahun
70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai
main-stream aplikasi realtime
• 1982 :
Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
• 1984 : Grafik
Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star
Fighter
• 1986 : Pertama
kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam
Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
• 1995 :
Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang
pertama
• Akhir tahun
90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan
dan kedokteran,
artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
• Tahun 2000
ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
Desain
Proses untuk mendapatkan suatu obyek baru. Desain merupakan gambaran atau pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu obyek. Contohnya adalah desain suatu iklan. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang desainer. Desain iklan tersebut dibuat untuk memenuhi keinginan suatu perusahaan yang memesan iklan tersebut agar sesuai dengan keinginan perusahaan. Desain tersebut dibuat agar mempermudah proses pembuatan iklan tersebut.
Pemodelan
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.
Grafik (Grafis)
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Desain grafis sendiri berarti suatu bentuk komunikasi secara visual menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi dan pesan tertentu kepada penonton (target). Unsur dalam desain grafis yaitu (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.
Proses untuk mendapatkan suatu obyek baru. Desain merupakan gambaran atau pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu obyek. Contohnya adalah desain suatu iklan. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang desainer. Desain iklan tersebut dibuat untuk memenuhi keinginan suatu perusahaan yang memesan iklan tersebut agar sesuai dengan keinginan perusahaan. Desain tersebut dibuat agar mempermudah proses pembuatan iklan tersebut.
Pemodelan
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.
Grafik (Grafis)
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Desain grafis sendiri berarti suatu bentuk komunikasi secara visual menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi dan pesan tertentu kepada penonton (target). Unsur dalam desain grafis yaitu (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.
Prinsip dan Unsur
Unsur dalam
desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya.
Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form),
tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain
visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme
(rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan
kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang
lebih luas.
a. Motion Capture
Model 2D
Proses ini adalah
langkah awal untuk membentuk model obyek yang akan dibangun dalam bentuk 3D.
Penekanannya adalah obyek berupa gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas
warna tiap pixelnya dengan metode Image Adjustment Brightness/Contrast, Image
Color Balance, Layer Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG.
Dalam tahap ini digunakan aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop atau
sejenisnya. Dalam tahap ini proses penentuan obyek 2D memiliki pengertian bahwa
obyek 2D yang akan dibentuk merupakan dasar pemodelan 3D
b.Dasar metode
Modeling 3D
Jenis metode
pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan
polygon ataupun subdivision.Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan
segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon
menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon
sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan.
C.Proses Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output.
C.Proses Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output.
d. Texturing
Proses texturing
ini untuk menentukan karakterisik sebuah materi obyek dari segi tekstur. Untuk
materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity,
transparency, dan refraction.
e.Image dan
Display
Merupakan hasil
akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. Biasanya obyek pemodelan yang
menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan,
pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan
Desain permodelan
grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Desain pemodelan grafik
merupakan segala sesuatu mengenai pengolahan gambar yang dikerjakan pada
komputer berupa pemotongan gambar, rotasi, dilatasi, translasi dan lain-lain.
Pemodelan adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut
sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini
secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain,
keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang
menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling). Adapun pemodelan
grafik itu proses terbentuknya gambar 3D yang dimulai dari grafik primitif
yaitu titik, garis, kemudian menjadi gambar 2D, dan bila gambar 2D itu saling
dipadukan maka akan terbentuklah suatu gambar 3D
Berikut adalah
kegiatan yang berkaitan dengan grafik
komputer:
1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
komputer:
1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
Kerangka grafik
komputer
1.Graphics
Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display
hardware(Graphics System).
2.Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
2.Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Tipe-Tipe Citra
Grafis Komputer
2D
Grafik komputer
2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2
titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran
dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya
untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
a. Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
b. Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
Grafik Komputer 3D
a. Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
b. Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
c. Animasi Komputer
Animasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of The Ring, Harry Potter, dsb.
Peralatan Desain
Grafis
Peralatan yang
digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar
tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai
sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan
1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi
perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi
image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan
kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang
untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika
tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media
tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang
grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara
cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk
menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Pemodelan Desain
Grafis
Membentuk suatu
benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek
bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini
sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya
MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vector 3-dimensi dan animasi ditulis
oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and
Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOStetapi
untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir
Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7.
3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah
diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
Sekilas
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang
paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platformMicrosoft
Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Metode
pemodelan
Ada 5 metode
pemodelan dasar:
- Pemodelan dengan primitif
- NURMS(subdivision surfaces)
- Surface tool
- NURBS
- Pemodelan polygon
Pemodelan
dengan primitif
Ini merupakan
metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak
kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan
lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan,
pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang
dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan
balon".
Mental
Ray
Mental Ray
merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang
terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu
"Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max
sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa
kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect
Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada
permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah
V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render
engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.
Ada beberapa
software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing
• Adobe Photoshop
• Adobe Illustrator
• Adobe Indesign
• GIMP
• InkScape
• CorelDraw
• Adobe Page Maker
Webdesign
• Adobe Dreamweaver
• Microsoft Frontpage
• Notepad
• Adobe Photoshop
Audiovisual
• Adobe After Effect
• Adobe Premier
• Final Cut
• Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
• Ulead Video Studio
• Magic Movie Edit Pro
• Cyberlink Power Director
Rendering 3D
• 3Ds Max
• Maya
• AutoCAD
• Google SketchUp
• Blender
• Unity 3D
Desktop publishing
• Adobe Photoshop
• Adobe Illustrator
• Adobe Indesign
• GIMP
• InkScape
• CorelDraw
• Adobe Page Maker
Webdesign
• Adobe Dreamweaver
• Microsoft Frontpage
• Notepad
• Adobe Photoshop
Audiovisual
• Adobe After Effect
• Adobe Premier
• Final Cut
• Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
• Ulead Video Studio
• Magic Movie Edit Pro
• Cyberlink Power Director
Rendering 3D
• 3Ds Max
• Maya
• AutoCAD
• Google SketchUp
• Blender
• Unity 3D
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar